Home » » Virus dalam Instogram

Virus dalam Instogram

bagi sobat yang suka berbagi dan melihat-lihat foto di Instagram, Sekarang ini tampaknya Anda harus sedikit lebih berhati-hati saat menelusuri Instagram karena jejaring sosial ini kini juga menjadi sarana masuknya virus dan sasaran penipuan dalam bentuk malware.

salah satu Trend Micro menemukan adanya penipuan berkedok survei yang membuat para pengguna Instagram berpotensi untuk mengunduh malware melalui perangkat Android.

Melalui akun-akun fiktif yang telah terinfeksi, akun-akun ini akan berusaha untuk "mem-follow" pengguna. Pada akun-akun tersebut biasanya akan terdapat gambar-gambar yang menyebutkan sebuah alamat situs untuk mendapatkan follower gratis. Setelah situs tersebut dibuka, akan terlihat halaman untuk memasukkan nama akun pengguna. Setelah dimasukkan, pengguna akan diarahkan untuk mengunduh sebuah aplikasi yang terdeteksi oleh Trend Micro sebagai malware ANDROIDOS_GCMBOT.A. Jika terinfeksi malware ini, perangkat pengguna akan membuka halaman-halaman situs berbahaya dan bisa mengirimkan SMS secara otomatis.

Penipuan yang berujung pada malware ini sebelumnya telah terjadi pada beberapa situs jejaring sosial lainnya seperti Facebook, Pinterest, dan Tumblr. Biasanya para penipu ini akan menggunakan umpan seperti follower gratis atau beragam kontes berhadiah. Bukan tidak mungkin pelaku juga akan melakukan hal yang serupa pada beberapa situs jejaring sosial populer lainnya nanti.

Untuk menghindari hal ini, saya sarankan  untuk selalu memeriksa URL yang akan dibuka. Hati-hati terhadap setiap post yang ada pada jejaring sosial, walaupun itu dari orang yang dikenal ingat mencegah lebih baik dari pada terserang virus.



SELAMAT MENCOBA  .  .  SEMOGA BERMANFAAT  .  . 

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasi atas komnetarnya semoga saya kedepanya bisa lebih baik :D

  • Terimakasi atas kunjungan dan partisipasi untuk memajukan blog ini, penghargaan tertinggi bagi anda yang cinta mencari ilmu :D
    Pin BB : 74A0F5CE
    REK : 637101007043535
    A/N: AHMAD MUCHDOR
    CAB:BRI PUJON MALANGKAWI