Home » » Jenis-jenis Data Dalam Komputer

Jenis-jenis Data Dalam Komputer

Dalam dunia komputer, istilah ini sudah tidak asing lagi. Data dikenal sebagai bentuk yang dihasilkan oleh aplikasi yang dijalankan oleh komputer. Data dalam bentuk file tersebut dapat kita simpan dalam berbagai media penyimpanan, salah satu diantaranya adalah CD, DVD, atau Flash Disk. Secara umum, data tersebut sering dikelompokkan dalam kategori seperti berikut

* Data dokumen teks.

File ini biasanya hasil dari aplikasi pengolah teks atau tulisan dan ditandai dengan ekstensi .doc, .txt, . xls, .ppt, .rtf, dan lain sebagainya.
* Data dokumen digital.
File-file ini merujuk pada dokumen digital yang saat ini sangat populer di dunia, seperti .pdf misalnya.
* Data gambar atau digital image berjenis bitmap.
Pada umumnya file-file ini berekstensi .bmp, .png, .jpg, .gif, .ico, dan lain-lain.
* Data gambar digital berjenis vektor.
File-file ini diciptakan oleh software desain grafis berbasis vector seperti Corel Draw atau Adobe Illustrator. Beberapa ekstensi yang cukup terkenal antara lain .cdr, .ai, .eps, dan lain sebagainya.
* Data multimedia.
Tipe data ini berbentuk video ataupun audio, dan dapat dikenali dengan ekstensinya seperti .mp3, .wav, .mpg, .wmv, .avi, dan sebagainya.
* Data system.
Sistem operasi seperti Windows sangat bergantung dengan tipe file ini, yang ditunjukkan dengan ekstensi .com, .exe, .sys, .dll, .ini, dan sebagainya.
* Data video yang diambil menggunakan ponsel.
Saat ini, video-phone sangat populer sehingga sangat mudah ditemukan file-file yang merujuk pada teknologi video ponsel ini seperti misalny .3gp, .mp4, dan lain sebagainya.

6 komentar:

Terimakasi atas komnetarnya semoga saya kedepanya bisa lebih baik :D

  • Terimakasi atas kunjungan dan partisipasi untuk memajukan blog ini, penghargaan tertinggi bagi anda yang cinta mencari ilmu :D
    Pin BB : 74A0F5CE
    REK : 637101007043535
    A/N: AHMAD MUCHDOR
    CAB:BRI PUJON MALANGKAWI