Home » » Belajar Komputer

Belajar Komputer

Jika Anda belajar komputer, maka Anda perlu tahu bahwa kata ini berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung.

Menurut Hamacher, komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

Banyak sekali definisi computer yang lain, ditinjau dari bidang garapannya.

Belajar komputer tidak melepaskan Anda diri Ada dengan sistem komputer, yang elemennya terdiri dari hardware, software dan brainware.

* Hardware atau Perangkat Keras, yaitu peralatan yang secara fisik terlihat danbisa djamah.
* Software atau Perangkat Lunak, yaitu program yang berisi instruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data.
* Brainware, yaitu manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer.

Ketiga elemen tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tidak bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.

Secara prinsip, Anda akan belajar komputer dengan mengacu pada sebuah konsep dasar. Komputer apapun jenisnya, selalu memiliki suatu peralatan yang disebut sebagai: Input device, Central Processing Unit, Output Device dan External memory.

a. Input Device


Anda akan belajar komputer Merupakan peralatan yang berfungsi memasukkan data kedalam komputer. Jenis input device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak. Mata manusia juga bisa diartikan sebagai salah satu input device yang berfungsi memasukkan data kedalam otak manusia, termasuk dalam hal ini adalah aktivitas membaca. Maka belajar komputer juga bisa mengacu pada diri kita.

b. Central Processing Unit (CPU)

Bagian ini berfungsi sebagai pemegang kendali dari jalannya kegiatan computer. Oleh karena itu, CPU juga disebut sebagai otak dari komputer. CPU juga berfungsi sebagai tempat untuk melakukan berbagai pengolahan data, diantaranya mencatat, melihat, membaca, membandingkan, menghitung, mengingat, mengurutkan maupun membandingkan.

Dalam bekerja, fungsi dari CPU terbagi menjadi :

* Internal Memory/Main Memory, berfungsi menyimpan data dan program.
* ALU (Arithmatic Logical Unit), untuk melaksanakan berbagai macam perhitungan.
* Control Unit, bertugas untuk mengatur seluruh operasi computer

Anda bisa belajar komputer dan fungsi-fungsinya dengan lebih mendalam.

c. Output Device

Merupakan peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia, atau dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Jenis output device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak.

Anda bisa mengenalnya dan belajar komputer lebih lanjut. Aktivitas menulis bisa dikatakan sebagai cara untuk mengeluarkan hasil pemikiran kedalam suatu media sehingga bisa dibaca oleh manusia. Media yang dipergunakan untuk menulis bisa berupa kertas atau bentuk lainnya.

d. External Memory


Merupakan memory yang berada diluar CPU, biasa disebut Secondary Storage/ Backing Storage/Memory Cadangan, yang berfungsi untuk menyimpan data dan program. Agar bisa berfungsi, data dan program tersebut harus dipindahkan terlebih dahulu kedalam internal memory. Anda bisa mengenal berbagai jenis external memory yang cukup banyak dengan belajar komputer.

Buku, kertas, gambar foto, atau rekaman suara bisa disebut external memory dari manusia, karena berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data yang terletak diluar otak manusia. Agar data-data tersebut bisa berfungsi, maka harus dipindahkan terlebih dahulu kedalam internal memory, misalnya dengan cara membaca.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasi atas komnetarnya semoga saya kedepanya bisa lebih baik :D

  • Terimakasi atas kunjungan dan partisipasi untuk memajukan blog ini, penghargaan tertinggi bagi anda yang cinta mencari ilmu :D
    Pin BB : 74A0F5CE
    REK : 637101007043535
    A/N: AHMAD MUCHDOR
    CAB:BRI PUJON MALANGKAWI